Friday, November 29, 2013

Asmirandah Zantman Batalkan Pernikahan Dengan Jonas

http://www.muvila.com/read/ini-alasan-asmirandah-zantman-batalkan-pernikahan

Asmirandah membatalkan pernikahannya dengan Jonas Rivanno yang tidak lagi beragama Islam.

Asmirandah Zantman membatalkan perkawinannya dengan Jonas Rivanno yang telah dia langsungkan pada 27 September lalu. Asmirandah melayangkan surat pembatalan nikah kepada Pengadilan Agama Depok.

Humas Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat, Suryadi S. Ag, SH, MH lalu menjelaskan alasan pembatalan pernikahan antara Asmirandah dan Jonas Rivanno.

"Itu hak prerogratif pemohon. Kebetulan mengajukan permohonan karena sah-sah saja diatur dalam pasal 27 ayat 2 UU No. 1 tahun 1974 tentang Perkawinan," ujar Suryadi.

Asmirandah mengajukan persyaratan pernikahan kepada Vanno agar menjadi mualaf. Namun setelah menikah ternyata Vanno kembali ke agama sebelumnya. Merasa ditipu dan dikhianati kemudian Asmirandah mengajukan pembatalan pernikahan.

"Kenapa mengajukan pembatalan perkawinan? Jadi ini persoalan ada salah sangka dan ternyata pihak termohon (Jonas Rivanno) tidak beragama Islam lagi," imbuh Suryadi.

Sidang pembatalan pernikahan antara Asmirandah dan Vanno telah digelar Rabu 27 November kemarin di Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat. Keduanya mangkir dari persidangan tersebut dan hanya diwakilkan oleh para pengacara masing-masing saja.

Kasus pembatalan pernikahan yang dialami antara Asmirandah dan Vanno berbeda dengan kasus perceraian. Pasalnya, pada kasus Vanno dan Asmirandah ada kemungkinan adanya rujuk kembali di antara mereka. Hanya saja kini kedunya telah berbeda keyakinan.

Namun Imam Besar Masjid Istiqlal, Ali Mustafa Yaqub, menjelaskan, dalam pembatalan perkawinan tidak ada kata rujuk. Tetapi kalau di perceraian masih dibolehkan rujuk.

"Pada kejadian ini, tidak ada rujuk. Yang boleh rujuk itu hanya talak, itu pun kalau dua kali. Kalau sudah jatuh talak yang ketiga ya sudah tidak bisa juga rujuk," jelas Ali Mustafa Yaqub.

Anton Zantman, ayah dari Asmirandah, mengatakan bahwa sejak awal dia memang tidak setuju sang putri menikah dengan Jonas Rivanno. Anton merestui pernikahan keduanya semata-mata demi rasa cinta dan kasihnya kepada sang putri. Hingga akhirnya dia mengetahui bahwa Jonas Rivanno tidak lagi memeluk Islam.

Sontak, hal itu membuat Anton kaget, karena pria asal Belanda itu menjadi saksi ikrar Jonas di Masjid An-Nur saat memutuskan diri untuk menjadi seorang muslim.

"Saya akhirnya minta maaf ke semuanya (DKM Masjid An-nur dan MUI). Jujur, saya juga salah terima Asmirandah sama dia. Dari awal saya juga tidak setuju. Memang mereka saling sayang, saya cuma mau dia (Asmirandah) bahagia," ungkap Anton.

Pengakuan Jonas Rivanno kepada awak media bahwa dirirnya hanya pernah menjadi seorang muslim membuat Anton merasa was-was. Dia tidak akan percaya begitu saja jika suatu saat Jonas Rivanno kembali ingin menikahi Asmirandah.

"Waduh harus dengan bukti-bukti yang kuat. Karena bukan cuma aku saja yang kecewa, banyak banget," tegas Anton.

Sumber : www.muvila.com
 

No comments:

Post a Comment