Friday, September 6, 2013

Film Animasi Planes Ingin Terbang Tinggi di Atas Cars


Film animasi ini diproduksi anak perusahaan Disney dengan materi kisah yang sedikit dicuplik dari cerita Cars produksi Pixar.

Film animasi Disney Planes ini memanfaatkan kepopuleran dan kesuksesan film animasi bikinan Pixar, Cars. Indikasi tersebut sudah terlihat dari tagline-nya yang berbunyi "From Above The World of Cars". Planes dan Cars memang masih terhitung saudara sepupu dari orangtua yang sama, Walt Disney Studios. Carsdiproduksi oleh Pixar, sedangkan Planes diproduksi oleh DisneyToon Studios dan Walt Disney Pictures.

Kisah Planes menyoroti Dusty Crophopper (Dane Cook) yang ingin sekali mengikuti dan menjadi jawara perlombaan udara. Padahal, dirinya hanya bekerja di atas ladang jagung. Namun masalah besarnya bukan di situ. Dusty ternyata punya ketakutan yang sebenarnya melanggar kodratnya sebagai pesawat. Dia takut terbang terlalu tinggi.

Beruntung datanglah Skipper Rilet (Stacy Keach), penerbang senior dari angkatan laut yang akhirnya menjadi mentor Dusty. Dialah yang mendorong Skipper untuk menaklukkan rasa takutnya dan piawai dalam terbang di langit. Akan tetapi, sang juara bertahan dalam perlombaan itu, Ripslinger (Roger Craig Smith) tidak tinggal diam untuk disaingi oleh Dusty dan Skipper.

"Proyek film Planes ini dimulai ketika Klay Hall (sutradara Planes) dan John Lasseter (bos Pixar sekaligus sutradara merangkap penulis cerita dan skenarioCars) sedang mengobrol soal pesawat-pesawat dalam dunia Cars," ujar Jeff Howard, penulis skenario Planes.

Jeff melanjutkan ceritanya. Dia bersama Klay dan John lalu mendiskusikan beberapa ide cerita. Muncullah ide tentang perlombaan udara dan penjelajahan dunia. Mereka lalu mengerucutkan tokoh protagonisnya pada pesawat crop duster yang dipakai di ladang jagung. Pesawat semacam itu tak pernah pergi jauh dan terbang terlalu tinggi.

"Kami penasaran. Apa yang akan terjadi pada pesawat itu jika dia mengelilingi bumi? Bukankah akan keren jika pesawat itu mendarat di lapangan udara besar atau tinggal landas dengan bantuan pelontar di kapal induk? Ide-ide dasar tersebut untuk film animasi ini sudah keluar di pertemuan pertama kami," ungkap Jeff.

Pada akhirnya, lahirlah karakter Dusty. Malahan, beberapa tokoh dari film animasiCars pun juga dimunculkan dalam kisah Planes. Jadi, Planes boleh dibilang adalah spinoff dari franchise Cars. Dari situ jelaslah bahwa film animasi berbiaya produksi50 juta dollar AS ini berniat ingin merebut para penonton setia film-film Pixar.

Padahal, Planes seharusnya dirilis di wilayah Amerika Utara bukan untuk konsumsi penonton di bioskop, melainkan para penikmat home video. Tadinya, Planes direncanakan hanya akan diedarkan di bioskop di Eropa. Namun, setelah melihat beberapa sekuens dalam film animasi ini, Walt Disney Studios selaku distributor lalu memutuskan untuk merilis di bioskop.

Lalu bagaimana prestasi Planes di bioskop-bioskop setelah dirilis pada 9 Agustuslalu? Hingga kini, data dari Box Office Mojo menyebutkan bahwa Planes meraih pendapatan sebesar sekitar 74,6 juta dollar AS untuk peredaran domestiknya. Sedangkan di ranah internasional, film animasi ini meraih 31,2 juta dollar AS.

Planes sendiri mulai tayang di bioskop Indonesia pada hari ini. Sebelum menonton film animasi yang jajaran cast-nya juga diperkuat oleh Val Kilmer, Anthony Edwards, Julia Louis-Dreyfus, Teri Hatcher, John Cleese, dan Cedric the Entertainer ini, silakan tonton satu lagi klip eksklusifnya di bawah.

Sumber : www.muvila.com

No comments:

Post a Comment