Wednesday, September 18, 2013

Film Horor Insidious Chapter 2 Puncaki Box Office Amerika


Film horor Insidious Chapter 2 telah meraup hasil box office sebanyak empat kali dari biaya produksi di penayangan hari pertamanya saja.

Film horor Insidious: Chapter 2 berhasil mengikuti prestasi The Conjuring, yang juga dibuat oleh sutradara James Wan, dalam hal penjualan tiket. Seperti dilansir Box Office Mojo, pada hari pertama penayangannya di Amerika Serikat dan Kanada, sekuel Insidious ini berhasil memanen uang sekitar 20 juta dolar AS. Padahal biaya produksinya hanya 5 juta.

Tak heran jika Insidious: Chapter 2 pun melenggang jadi jawara box office Amerika Utara pada pekan lalu dengan peraihan sekitar 40 juta dolar AS selama tiga hari pertama rilis. Hasil ini tiga kali lipat dari pendapatan Insidious dalam jangka waktu yang sama ketika dirilis pada tahun 2010 dan hampir menyamai hasil The Conjuringpada Juli lalu.

Bahkan, Insidious: Chapter 2 dengan mudah melangkahi film komedi laga arahanLuc Besson yang rilis pada hari yang sama, Malavita. Film yang berjudul The Family untuk wilayah edar di Amerika ini 'hanya' mendapat sekitar 14 juta dolar AS.

Riddick yang memimpin box office pekan lalu pun harus tergeser ke urutan tiga dengan pendapatan sekitar 6,8 juta dolar AS. Demikian pula The Butler yang pernah bertengger jadi nomor satu beberapa kali kini harus puas di posisi keempat dengan pendapatan 5,5 juta dolar AS. Tapi setidaknya film arahan Lee Daniels ini sudah sukses meraih 100 juta dolar AS dari lima pekan penayangannya.

Kesuksesan Insidious: Chapter 2 ini bisa tercapai berkat strategi perilisan yang tepat. Ya, film ini rilis hanya selang dua bulan dari The Conjuring yang ternyata sukses besar dengan meraup pendapatan 270 juta dolar AS, sehingga mengundang rasa penasaran masyarakat atas film karya James Wan lainnya.

Faktor yang juga berpengaruh adalah hari perilisannya yang tepat pada Jumat tanggal 13 September 2013, atau disebut “Friday the thirteenth”. Inilah hari yang dianggap angker oleh warga Amerika, sehingga dirasa cocok untuk menyaksikan film horor.

Tentu saja faktor kesuksesan film Insidious jilid pertama tidak bisa diabaikan. Insidious sendiri sangat menguntungkan dengan total pendapatan sekitar 54 juta dolar AS di Amerika Utara saja, dari modal produksi yang hanya berkisar 1,5 juta dolar AS.

Masih dibintangi oleh Patrick Wilson dan Rose Byrne, Insidious: Chapter 2 membongkar rahasia masa lalu keluarga Lambert yang menyebabkan mereka terus diganggu dunia arwah. Dengan tim inti yang masih sama dengan seri pertamanya, termasuk penulis naskah Leigh Whannell, ekpektasi para penggemar Insidious atau penggemar horor secara umum tentu cukup tinggi terhadap sekuelnya ini. Apalagi ekspektasi itu disokong pula oleh The Conjuringyang kerap dielu-elukan sebagai film terseram tahun 2013.

Namun, bagi penonton yang ingin segera menyaksikan Insidious: Chapter 2 harap bersabar. Film horor ini baru akan dirilis di bioskop-bioskop Indonesia pada 25 September 2013.

Sumber

No comments:

Post a Comment