Wednesday, October 23, 2013

Film Indonesia Sekarang Bisa Didownload di iTunes


Film Indonesia sekarang sudah bisa didownload secara resmi di iTunes Store.

Film Indonesia sekarang punya tambahan pilihan untuk para pecinta film dalam menikmati film-film kesayangannya. Setelah era perangkat keras seperti VCD dan DVD, kini film Indonesia sudah mulai tersedia dalam format digital yang dijual di toko digital terkemuka, iTunes Store Indonesia.

Dengan menggunakan aplikasi iTunes, konsumen kini dapat membeli dan mendownload film Indonesia dalam format digital di mana saja secara resmi di iTunes Store, dan dapat menyaksikannya langsung di komputer atau gadget yang kompatibel, seperti iPhone, iPad, iPod, dan lain-lain.

Sejak resmi dibuka untuk konsumen Indonesia pada akhir tahun 2012, iTunes Store semakin menambah persediaan konten-konten dari Indonesia, tak terkecuali film Indonesia.

Saat ini jumlah judul film Indonesia yang tersedia masih bisa dihitung dengan jari, namun adanya film Indonesia di iTunes Store tentunya merupakan langkah awal untuk merangsang masyarakat agar mau mengunduh film-film karya anak bangsa dalam format berkualitas, dengan cara yang legal.

Saat ini film-film Indonesia yang bisa diunduh di iTunes antara lain The Raid, Sang Penari, Garuda di Dadaku, Garuda di Dadaku 2, dan 5 cm , yang sempat menduduki puncak pre-order chart iTunes seluruh dunia. Harga yang ditawarkan bervariasi, dari 29 ribu sampai 149 ribu rupiah.

Semua film ini berformat MPEG-4 dengan tata suara digital, rata-rata berukuran 1.5 GB per film. Untuk The Raid dan 5cm. juga tersedia dalam kualitas high-definition (HD), sesuatu yang tidak bisa didapat dalam format DVD biasa.

Sebagaimana film-film yang tersedia di iTunes lainnya, film-film Indonesia tersebut juga dapat disewa dalam jangka waktu 48 jam. Harga dipatok dari 9 ribu sampai 29 ribu rupiah sekali sewa.

Kemajuan teknologi yang pesat membuat pengalaman menonton film pun makin beragam. Di luar bioskop, kini orang-orang dapat menyaksikan film lewat media DVD, Blu-Ray, hingga format digital, yang saat ini semakin diminati.

Kemajuan yang cepat ini sayangnya kurang dapat diimbangi oleh persediaan produk yang memadai, terlebih lagi di Indonesia. Dengan permintaan yang besar, persediaannya yang terbatas dan cenderung ketinggalan, sehingga potensi pasar pun dengan mudah dicolong oleh para pembajak.

Dengan adanya film-film Indonesia di iTunes Store, diharapkan bisa menjadi jalan pembuka bagi masyarakat Indonesia untuk mulai menonton dan memiliki film Indonesia secara resmi dalam format termutakhir, sekaligus sebagai bentuk dukungan kepada para pekerja film bersangkutan, agar dapat membuat lebih banyak karya lagi ke depannya.

“Dengan adanya download resmi, semoga Industri film Indonesia akan semakin kreatif, dalam era digital saat ini,” ungkap produser film Sang Penari, Shanty Harmayn seperti dilansir C&R beberapa waktu lalu, ketika meluncurkan Sang Penari di iTunes.

Film, musik, dan buku berformat digital dapat dibeli secara online di iTunes Store, dengan metode pembayaran menggunakan kartu kredit ataupun voucher digital Apple gift card, yang kini sudah tersedia dalam mata uang rupiah. Sebelumnya, jangan lupa untuk mendaftar Apple ID Indonesia untuk dapat berbelanja di iTunes Store.

Sumber : www.muvila.com
  

No comments:

Post a Comment