Friday, November 15, 2013

Film Noah Awal Kembali Menuju Kesuksesan

http://www.muvila.com/read/film-noah-awal-semula-jadi-peluang-kedua-menuju-sukses

Film Noah Awal Semula merekam langkah-langkah band Noah meraih kembali kesuksesannya.

Film Noah Awal Semula menjadi satu lagi film yang mengangkat tokoh musisi Indonesia terkenal ke film layar lebar. Kali ini, kisah karier band Noah diangkat lewat sebuah film dokumenter musik persembahan 700 Pictures, Berlian Entertainment, dan label Musica Studio’s.

Namun ini bukan film dokumenter biasa, bukan juga film yang sekadar berisi penampilan Noah di panggung. Lewat film ini, para penonton diajak untuk mengenal lebih dekat Noah sebagai sebuah band. Terutama dalam episode yang menjadi titik balik mereka, ketika karier mereka sempat mengalami penurunan sampai kemudian mereka berusaha bangkit lagi.

Bisa dibilang, Noah Awal Semula menunjukkan sisi lain yang lebih intim dari band Noah dalam mencapai kesuksesan kembali, sehingga saat ini mereka tetap jadi salah satu band paling digandrungi seantero Nusantara.

Film Noah Awal Semula diawali dengan sebuah kenangan jauh sebelum adanya nama Noah. Tahun 1997, enam pemuda asal Bandung membentuk band pop rock bernama Peterpan. Beberapa tahun kemudian, Ariel, Uki, Lukman, Reza, Andika, dan Indra bersama-sama perlahan mencapai popularitas yang fantastis di blantika musik Indonesia memasuki tahun 2000-an. Lagu-lagunya diputar di mana-mana, dan para personilnya, terutama Ariel sang vokalis, menjadi pujaan banyak orang.

Namun, keenam personel Peterpan sampai juga pada titik jenuh, ketika mereka sulit untuk menyamakan visi dalam berkarya. Band ini kemudian terbelah, Andika sang keyboardist dan Indra sang pemain bass keluar dari Peterpan--keduanya belakangan membentuk band The Titans. Adapun empat personil sisanya tetap menggunakan nama Peterpan sampai semua kontrak atas nama tersebut selesai hingga tahun 2008.

Setelah itu, Ariel, Uki, Lukman, dan Reza siap menyongsong babak baru karier mereka, termasuk mempersiapkan nama baru dan merekrut personel baru, David, untuk posisi keyboardist. Akan tetapi, babak baru itu terpaksa ditunda. Ariel lalu tersandung kasus video porno, yang memaksanya menghuni lembaga pemasyarakatan selama dua tahun.

Ketika semua itu dilewati, Ariel, Uki, Lukman, Reza, dan David mulai menyusun rencana untuk kembali berkarya seperti sedia kala. Mereka tak bisa kembali dengan biasa-biasa, tetapi harus dengan cara yang luar biasa. Tahun 2012, babak baru band ini pun akhirnya dimulai dengan nama yang baru, Noah.

Mereka kembali dengan gebrakan dalam bentuk konser di 5 negara di 2 benua dalam waktu 24 jam saja, yang kemudian memecahkan rekor nasional. Niat yang luar biasa itu terbayar dengan hasil yang memuaskan. Kini masyarakat, khususnya para penggemar, sudah melihat bahwa Noah sudah siap merajai lagi industri musik Indonesia.

Tak berhenti di sana, Noah harus tetap menguji kelangsungan karier mereka ke depan lewat tur konser di 11 kota Indonesia setelah peluncuran album baru mereka,“Seperti Sebelumnya”. Meski tampak biasa dan sudah sering mereka lakukan, namun tur ini menyimpan risiko yang cukup signifikan. Bila hasilnya biasa saja, maka karier Noah tidak akan lebih menanjak lagi seperti pada zaman kejayaan Peterpan.

Film Noah Awal Semula menjadi sebuah tuturan tentang perjuangan band Noah untuk meraih kembali kesuksesan yang sempat terlepas dari genggaman. Film ini memaparkannya dalam sebuah sajian yang pop dan mudah dicerna oleh setiap penontonnya lewat gambar-gambar dinamis dan lincah, serta tentu saja musik dari sang subjek sendiri, baik dari masa Peterpan maupun Noah.

Untuk mendapatkan materi yang cukup, sutradara Putrama Tuta, yang sebelumnya sukses lewat film Catatan Harian Si Boy, membawa timnya mengikuti setiap kegiatan band Noah selama hampir satu tahun, yang diawali dengan konser “Born to Make History” di lima negara 2 benua pada bulan September 2012.

Selain itu, tim film juga harus mengumpulkan banyak footage dari berbagai sumber sebelum band Noah muncul, demi memperkuat kisah yang hendak diangkat dalam film ini. Maka tak perlu heran penonton akan disajikan gambar-gambar konser lama Peterpan, serta berbagai dokumentasi dari berita-berita ataupun milik pribadi.

Tak lupa juga, film ini akan menampilkan curahan hati dari setiap personil Noah dan beberapa orang lainnya di balik layar tentang pasang surut karier mereka, baik dari awal Peterpan terbentuk sampai pada Noah.

Bahkan, mantan personel Peterpan, Andika dan Indra, juga turut ditampilkan untuk bercerita tentang perjalanan karier band ini. Dengan ini, para penonton pun bisa merasakan langsung apa yang dialami personel Noah secara jujur dan terbuka, khususnya ketika permasalahan melanda dan kelangsungan karier band ini terancam.

Para penggemar band Noah--yang disebut Sahabat Noah--tentu sudah tak sabar untuk melihat apa saja yang terjadi di balik aksi idola mereka selama nyaris 16 tahun, khususnya dalam satu tahun terakhir ini. Kamu dapat menyaksikan kisah di balik layar kebangkitan karier Noah dalam film Noah Awal Semula di bioskop-bioskop tanah air mulai tanggal 14 November. Lihat trailer-nya di link berikut ini.

Sumber : www.muvila.com
 

No comments:

Post a Comment