Thursday, September 19, 2013

Robert De Niro Jadi Mafia Pembelot Dalam Malavita


Aktor Hollywood Robert De Niro beserta keluarganya harus mengumpet di Prancis demi menghindari kejaran mafia yang marah.

Aktor watak Hollywood Robert De Niro tentu sudah tidak asing lagi dengan karakter-karakter anggota kelompok mafia. Kita ingat peran-perannya yang legendaris dalam film The Godfather Part II dan Goodfellas. Namun, peran berbau mafia yang baru-baru ini dilakoni Robert De Niro dalam film terbarunya, Malavita, arahan sutradara Luc Besson sedikit berbeda.

Di dalam film black comedy ini, De Niro harus memerankan karakter sebagai mantan mafia yang harus membawa keluarganya pindah ke Prancis. Tujuannya cuma satu: berlindung dari kelompok mafia yang mengincar nyawanya sekaligus melindungi keluarga tercintanya.

MAFIA PEMBELOT

Robert De Niro adalah Giovanni Manzoni, gembong mafia yang memutuskan membelot dengan melaporkan kejahatan kelompok mafianya kepada pihak berwajib. Imbasnya, Manzoni harus masuk program perlindungan saksi FBI agar tidak diserang oleh pihak-pihak yang telah ia khianati.

Beserta istri dan kedua anaknya, Manzoni lalu dipindahkan oleh agen FBI Robert Stansfield (Tommy Lee Jones) ke daerah Normandia, Prancis. Mereka pun hidup dengan identitas baru sebagai keluarga Blake. Manzoni berubah menjadi Fred, istrinya (Michelle Pfeiffer) jadi bernama Maggie, putri sulungnya (Dianna Agron) jadi Belle, dan putranya (John D’Leo) bernama Warren.

Namun, kehidupan di tempat asing tidak semudah yang disangka. Film ini mengikuti upaya setiap anggota keluarga Blake beradaptasi, namun sifat-sifat lama mereka tetap tak terbendung. Tak pelak, mereka kerap menimbulkan masalah di lingkungan sekitar. Contohnya, Warren mengorganisir organisasi mafia kecil-kecilan di sekolah, atau Maggie yang meledakkan minimarket lokal.

Tindak-tanduk yang terlalu heboh ini jelas bisa membuat keberadaan mereka dengan mudah terlacak oleh para mafia yang mereka sudah khianati. Lalu, apakah mereka akan tetap aman di persembunyian?

MALAVITA ATAU THE FAMILY?

Sebelumnya, perlu diluruskan terlebih dahulu bahwa Malavita adalah judul asli dari film The Family yang kini tayang di Amerika Serikat. Judul The Family hanya digunakan di Amerika Serikat karena dianggap lebih akrab dengan telinga warga sana. Sedangkan untuk wilayah lainnya, termasuk Indonesia, judul asli Malavita (dari bahasa Italia yang bermakna 'dunia kejahatan'), tetap dipakai.

Malavita adalah satu lagi film berbahasa Inggris produksi studio Prancis bentukan sutradara Luc Besson, EuropaCorp. Sebagian besar syutingnya pun dilakukan di Prancis, sesuai dengan latar ceritanya, seperti di La Cité du Cinéma, Saint-Denis--yang disebut-sebut sebagai studio film terbesar di Prancis milik EuropaCorp. Sisanya dilakukan di beberapa kota kecil di wilayah Normandia.

Meski bukan produksi studio film Hollywood, Luc Besson tak sulit mengajak aktor-aktor papan atas Hollywood untuk bergabung. Lagi pula, studio EuropaCorp ini sudah pernah memproduksi film Taken yang sukses besar itu. Dengan adanya nama bintang Hollywood yang juga populer di dunia tentu diharapkan dapat mengangkat pamor film adaptasi novel Prancis karya Tonnino Benacquista ini.

Kapan lagi bisa melihat bintang-bintang mapan seperti Robert De Niro, Tommy Lee Jones, dan Michelle Pfeiffer dalam satu film? Malavita, yang bukan produksi Hollywood, adalah jawabannya.

CATWOMAN JADI ISTRI MAFIA

Sama dengan Robert De Niro, Malavita bukanlah film berlatar dunia mafia yang pertama bagi Michelle Pfeiffer. Di akhir era 1980-an Pfeiffer pernah bermain dalamScarface dan Married to the Mob yang berlatar serupa. Da sendiri mengaku senang berlakon dalam film seperti itu. “Saya suka berada di dunia itu (mafia), saya suka aksen bicaranya, juga watak-wataknya, dan Malavita adalah kesempatan saya untuk kembali mengalaminya,” ujar mantan pemeran Catwoman ini.

Tetapi, bukan berarti Malavita sekadar mengekor film-film mafia yang sudah ada. Pemeran Belle Blake yang juga alumnus serial Glee, Dianna Agron, pun menyatakan bahwa Malavita punya sesuatu yang berbeda. “Yang saya suka dari film ini adalah pastinya bakal ada kekerasan, laga, serta ketegangan, tapi kan belum pernah ada yang mengangkat tentang keluarga mafia dalam program perlindungan saksi yang tinggal di Prancis,” jelasnya.

Selain faktor cerita dan aktor-aktrisnya, jangan lupa pula bahwa film ini adalah persembahan terbaru dari sutradara-penulis-produser Prancis, Luc Besson. Besson adalah sineas superaktif yang sudah terkenal menyutradarai film-film yang mendunia. Sebut saja The Fifth Element, Léon: The Professional, hingga yang terakhir biopic aktivis demokrasi Aung Sang Suu Kyi, The Lady.

Luc Besson juga turut melahirkan dan memproduseri film-film action seru lainnya, seperti seri Taxi, The Transporter, Colombiana, Danny the Dog-nya Jet Li, dan masih banyak lagi. Dengan rekam jejak seperti itu, ditambah dukungan sineas Martin Scorsese sebagai produser eksekutif, Malavita tentu akan menjadi sebuah tontonan yang menjanjikan bagi para penonton yang sudah cukup umur.

Sumber

No comments:

Post a Comment