Friday, September 27, 2013

Sacha Baron Cohen Ditolak Jadi Freddie Mercury


Aktor terkenal Sacha Baron Cohen dianggap terlalu konyol untuk memerankan vokalis band Queen, Freddie Mercury.

Aktor dan komedian asal Inggris, Sacha Baron Cohen, gagal memerankan vokalis band legendaris Queen, Freddie Mercury, dalam biopic yang rencananya dirilis pada tahun 2014. Ketika kabar ini diumumkan pada Juli lalu, alasan perbedaan visi antara Cohen dan para personel band Queen dijadikan dasar pembatalan rencana akting Cohen.

Namun, baru-baru ini drummer Queen, Roger Taylor, berpendapat bahwa Cohen terlalu lucu untuk memerankan rock star ikonik yang wafat pada tahun 1991 itu. “Pada akhirnya kami merasa Sacha tidak cocok. Kami tidak mau filmnya main-main. Kami ingin filmnya menginspirasi orang banyak,” kata Taylor kepada majalah Mojo pada 23 September lalu.

Seperti dilaporkan Deadline.com pada Juli lalu, ada perbedaan visi kreatif antara Cohen dan pihak personel Queen yang tersisa, yaitu Taylor dan gitaris Brian May, yang mempunyai hak menentukan skenario dan sutradara film biopic Freddie Mercury tersebut. Sasca Baron Cohen sendiri mengusulkan agar filmnya lebih mempresentasikan kehidupan Mercury yang gemerlap dan flamboyan.

Cohen juga sudah mencoba mengajak sutradara pemenang Oscar, Tom Hooper (The King’s Speech, Les Misérables) untuk mengarahkan filmnya dan menargetkan penonton dewasa. Akan tetapi, Queen menginginkan agar filmnya menginspirasi, bahkan bisa ditonton keluarga. Akibat perbedaan tersebut, bintang Borat dan Hugo itu memutuskan untuk keluar dari proyek biopic ini.

Pernyataan Roger Taylor ini cukup membingungkan karena kontradiktif dengan pernyataan Brian May jauh sebelumnya. Pada Oktober tahun lalu, gitaris Queen ini mengunggah dalam website-nya bahwa dirinya, Taylor, dan sang manager Jim Beach telah memulai proses pra-produksi biopic Freddie Mercury.

“Syuting dijadwalkan mulai musim semi (Maret-Mei 2013), dengan Sacha Baron Cohen berperan sebagai Freddie. Rencananya film akan siap dirilis awal 2014,” tulis May seperti dikutip Huffingtonpost. Namun, dengan keluarnya Cohen, maka proyek ini tampaknya harus tertunda lagi.

Bersamaan dengan keluarnya Sacha Baron Cohen, penulis skenario Peter Morgan (The Queen, Frost/Nixon, Rush) yang diajak Cohen bergabung juga memutuskan hengkang. Morgan bahkan menyatakan bahwa mungkin proyek biopic Freddie Mercury ini akan terhenti sepenuhnya.

Namun, produser Graham King tetap menyatakan proyek ini akan lanjut. Malahan sempat juga beredar rumor Daniel Radcliffe akan menggantikan posisi Cohen, yang kemudian langsung dibantah oleh pemeran Harry Potter tersebut.

Sacha Baron Cohen memang lebih terkenal sebagai komedian yang leluconnya kelewat liar dan ofensif, khususnya di Inggris. Popularitas namanya terangkat berkat peran-peran absurd seperti dalam Borat, Brüno, hingga The Dictator.

Meski begitu, Cohen sendiri sudah membuktikan sanggup berakting serius dalam film-film kelas Oscar, seperti dalam Sweeney Todd, Hugo, dan Les Misérables. Kabar Cohen akan memerankan Freddie Mercury ini sebenarnya sudah tersiar sejak 2010, dan disambut cukup positif, apalagi karena segi fisik yang tidak terlampau jauh berbeda. Namun, ujung-ujungnya peran ini harus lepas juga dari tangannya.

Freddie Mercury adalah salah satu sosok paling menonjol dalam blantika musikrock di era 1970 s.d 1980-an. Sebagai vokalis Queen, Freddie berhasil menjadi pusat perhatian lewat vokalnya yang dahsyat serta gayanya yang nyentrik. Mercury juga turut menuliskan lagu-lagu hit terbesar Queen, seperti “We Are the Champions”, “Bohemian Rhapsody”, dan “We Will Rock You”.

Pria keturunan Parsi-India ini memang selalu jadi bahan pemberitaan menarik karena gaya hidupnya yang serba terbuka. Meski telah meninggal di usia 45 tahun karena penyakit paru-paru akibat mengidap AIDS, Freddie Mercury tetap dianggap sebagai salah satu bintang rock paling berpengaruh di dunia.

Sumber : www.muvila.com

No comments:

Post a Comment